Singkawang, Tiga Jam Demi Bakso Sapi & Roti Pandan

Gallery

Mengunjungi Kota Singkawang tak ada dalam bayangan kami, saya dan mas suami. Singkawang, kota kecil nun jauh di wilayah Kalimantan Barat. Kami berhasil menjejakkan kami dan melahap kuliner istimewa berkat teman, Wompi.

Tulisan ini adalah lanjutan dari seri Pontianak yang sudah di draf lebih dari setahun haha. Macam Perda saja :). Cekidot dulu niiih untuk kuliner Kalbarnyaa: Ini Kuliner di Pontianak

Kala itu, pada Februari 2014  sungguh tidak terbayangkan membelah jalanan sunyi Pontianak – Singkawang PP untuk hal seru yang cukup wagu. Makan bakso sapi & mie ayam warung legendaris, juga sepotong kue pandan lumer di mulut.

Perjalanan cukup seru, masih bersama rombongan pemamah biak terdiri dari mas bojo, Wompi, Vani, Yudo, Meggie, dan Radityo. Kami berangkat kesiangan sekitar pukul 10.30 WITA. Soalnya, agenda pagi justru keliling gang untuk mampir sarapan Nasi Akwang, nasi bak, seperti itu lah. Salah satu tujuan kuliner Pontianak.

Perjalanan ke Singkawang seruuuu, jalanan seringkali menjadi milik sendiri. Kiri dan kanan jalan belum banyak permukiman. Kadangkala, bagian kiri jalan terlihat hempasan ombak pantai, sedangkan di kanan jalan sesekali tampak kebun jeruk, perumahan elek-elekan dan ladang kering.

Selama perjalanan, rombongan empat kali berhenti, pertama beli es degan, kedua mampir foto di tugu khatulistiwa, ketiga mampir di pantai, yang terakhir istirahat di Sungai Pinyuh sambil minum kopi susu, teh hangat, makan pengkang juga pie susu. Nah di Sungai Pinyuh itulah, alamak, payah tubuh serasa terbayarkan.

Istirahat setengah perjalanan di Sungai Pinyuh, makan pengkang makanan ketan bersantan dibungkus daun kelapa.

Istirahat setengah perjalanan di Sungai Pinyuh, makan pengkang makanan ketan bersantan dibungkus daun kelapa.

mejeng dulu ah, bau ikan asin di belakang.

mejeng dulu ah di depan ‘warung kopi’, bau ikan asin di belakang.

Perjalanan kembali dilanjutkan. Tujuan utama toko roti lawas di daerah Kelurahan Roban, nama tokonya lupa. Yang jelas jual bolu pandan, bolu gulung nan wuenaaaak, lapis legit nyameeh, dan roti lainnya yang rasanya telur pake mentega hmmm nyam.

Bolu pandang jenis siffon cake. Hmmm nyam.

Bolu pandan jenis siffon cake. Hmmm nyam.

Aneka kue basah wuenak dan tidak murah

Aneka kue basah wuenak dan tidak murah

Berhasil mendapatkan kue pandan, perjalanan kembali ke pusat kota Singkawang. Soalnya, daerah warung kue ini menuju Sambas, agak ke gunung. Saatnya kembali ke kota untuk makan malam menu sapi & ayam, tentu saja pakai mie.

Tibalah di warung legendaris Bakso Sapi Bakmi Ayam 68, Singkawang. Penyuka kuliner nusantara yang singgah di kota ini pasti tauuuu.

1393256533968

agenda makan memakan dilakukan bersama gerombolan kunyah mengunyah.

agenda makan memakan dilakukan bersama gerombolan kunyah mengunyah.

Sambil makan, saya berkabar ria dengan teman SMA yang tinggal di Singkawang, Prima. Sesaat kemudian dia datang bersama suaminya, Adri, yang tak lain adik kelasnya bojoku. Ngobrol sebentar…lalu berpisah. Mereka membawakan kami oleh-oleh keripik keladi, manisan lidah buaya, juga kue khas peranakan macam pia dengan isi kumbu. Selanjutnya, kami meneruskan agenda untuk pulang, disempatkan mampir klenteng untuk foto, rehat, dan jajan makanan kecil untuk di bawa pulang ke Pontianak.

Kentjan dan bertemu teman lama

Kentjan dan bertemu teman lama. Adri & Prima.

Beli camilan berat buat bekal ngocek 3 jam kembali ke Pontianak

Yudo beli camilan berat buat bekal ngocek 3 jam kembali ke Pontianak

Untuk destinasi kunjungan nonkuliner, bisa dilihat di sini: Wisata Pontianak

Advertisements

2 responses »

  1. Pingback: Pontianak, Surganya Pemburu Kuliner | tulisanina

  2. Pingback: Berwisata Sejenak di Pontianak | tulisanina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s