ini JALAN-JALAN

Pesona Pantai di Pulau Seribu Masjid

Pulau Seribu Masjid, demikian julukan Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang penuh dengan keindahan alam lautnya. Pulau Lombok memiliki Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Pemerintah kota Mataram. Wisata alam pantai menjadi magnet terbesarnya.

Gili Trawangan, dunia laut kebebasan

Soal wisata pantai, keelokan Gili Trawangan tidak terbantahkan. Merupakan pulau kecil dari tiga Gili atau pulau di sebelah barat laut Lombok yakni Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan sendiri.

Gili Trawangan terkenal dengan terumbu karangnya yang indah, pasir putih, dan ombak yang bersahabat bagi pecinta olahraga air seperti surfing, snorkeling dan diving.

Memiliki panjang 3 kilometer dan lebar 2 kilometer, Gili Trawangan didiami sekitar 800 jiwa. Aktivitas di pulau nan elok ini terjadi sepanjang hari. Bahkan, menurut pemandu wisata Maruta Tour, Iskandar, Gili Trawangan dijuluki sebagai pulau tak pernah tidur.

Menjaga kenyamanan dan mendukung pariwisata setempat, pemerintah kota melarang izin angkutan umum. “Tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda dan cidomo,” kata Iskandar. Cidomo merupakan kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok.

Yang kedua adalah Senggigi merupakan kawasan pusat wisata yang terletak di lembah yang menghadap langsung ke laut Senggigi. Pantai yang melengkung ini terkenal dengan pasir putih juga kejernihan air lautnya.

Pantai Senggigi memiliki keindahan sederhana. Berbeda dengan Gili Trawangan yang menjadi lapangan berjemur wisatawan, Pantai Senggigi tetap memiliki pesona diamnya. Wisatawan justru banyak menikmati hiburan malam di kafe-kafe sepanjang Jalan Senggigi dibanding berjemur di Pantai.

Senggigi menawarkan banyak tempat hiburan, sebagian hotel-hotel juga memanjakan tamu mereka dengan sajian musik akustik. Bagi yang gemar karaoke ditawarkan banyak pilihan restauran yang mempunyai fasilitas live music.

Senggigi, pesona pantai yang diam

Pantai Kuta
Desa Kuta dengan pasir putihnya terletak di pantai selatan Pulau Lombok. Dikelilingi oleh deretan perbukitan, pemandangan Pantai Kuta nampak masih perawan. Saat cuaca cerah, puncak Rinjani yang jauh di utara juga dapat terlihat.

Kuta yang perawan
Advertisements

2 thoughts on “Pesona Pantai di Pulau Seribu Masjid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s