Taman Narmada, Dulunya Pemandian Raja

Gallery

Salah satu sisi pemandian Taman Narmada, masih utuh.

Tak lengkap jika berkunjung ke Lombok tanpa mampir di Taman Narmada, tempat permandian dengan sumber air yang diyakini membuat awet muda. Konon ada air awet muda yang berasal dari pegunungan. Di sini juga menjadi tempat permandian raja zaman dahulu.

Taman dengan konsep bangunan kuno itu banyak memiliki undakan tangga dengan pemandangan lembah dan danau buatan. Air awet muda bisa diperoleh wisatawan dari bangunan rumah kecil di samping kolam permandian. Didalam rumah kecil itu terdapat juru kunci yang akan melakukan ritual keagaamaan Hindu sebelum memberikan air itu untuk diminum.

Undak-undakan banyak ditemui di kompleks Taman Narmada

Taman Narmada sendiri menurut pemandu wisata setempat, Junadi, merupakan tempat bersejarah yang di bagun oleh Anak Agung Gede Ngurah, salah satu raja Bali yang di bagun pada tahun 1805. Di taman ini wisatawan bisa menyaksikan miniatur gunung Rinjani serta Segara Anak yang berada di puncaknya. “Taman dulunya diyakini menjadi tempat istirahat untuk mempermudah proses ritual yang biasanya dilakukan Raja beserta keluarga di Gunung Rinjani,” kata Junadi.

Salah satu sudut kompleks lawas Taman Narmada

Di pintu keluar Taman Narmada, wisatawan disuguhi pasar kecil yang menawarkan jajaran perhiasan mutiara, kain-kain tradisional NTB, dan beberapa oleh-oleh lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s