ini SOAL KULINERAN

Kenikmatan Makanan Laut di Pantai Depok Bantul

Sembari menikmati pantai Depok, pantai selatan Pulau Jawa di Wilayah Kabupaten Bantul, rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati kuliner laut di wilayah itu. Wisata Pantai Depok-Bantul

hidangan cocok untuk cuaca pantai yang panas dengan angin kering.
hidangan cocok untuk cuaca pantai yang panas dengan angin kering.

Kuliner wilayah pantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas rumah makan pesisir. Pantai Depok yang terletak di kawasan pantai Parangtritis diresmikan sebagai kawasan wisata kuliner oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik, sekitar dua tahun lalu.

Petugas penjaga pantai Sukirjo, 36 mengatakan, di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Pantai Depok dikelola sebagai wilayah wisata kuliner pantai untuk menikmati sea food. “Di sini [pantai Depok], banyak warung makan tradisional yang menawarkan masakan ikan laut ,” katanya.

Warung makan pesisir telah berkembang sejak 12 tahun terakhir. Untuk mencapai area pantai, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 4.000 per orang. Pantai yang berjarak 1,5 kilometer dari Parangtritis ini menawarkan beragam hidangan hasil laut dengan menu paling populer ikan bakar.

Jika ingin memesannya, Anda bisa menuju tempat pelelangan atau pasar ikan di area pantai untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, akan diantar menuju salah satu warung makan yang berjajar di pinggir pantai.

Ikan Bakar Tetap Idola

Berbagai jenis ikan umumnya banyak dipesan dengan pengolahan dibakar. Untuk menjajal rasa ikan bakar pantai Depok, saya memilih menu ikan bawal hitam di warung makan Bu Harti.

ikan bawal bakar, diambil dari ikan segar.
ikan bawal bakar, diambil dari ikan segar.

Berukuran sedang dengan berat kira-kira setengah kilogram ikan bawal dapat dinikmati dua hingga tiga orang.

Harti, pemilik warung mengatakan, rempah-rempah untuk bumbu bakar adalah bumbu ikan bakar pada umumnya yakni bawang putih, bawang merah, kemiri, gula merah, garam, dan kecap manis. “Untuk mengurangi rasa amis ditambahkan perasan jeruk nipis dalam rendaman ikan,” katanya di Depok, Bantul, Sabtu (22/9/2011).

Harti mengatakan rasa ikan bakar segar begitu terasa. Biasanya daging ikan terasa lebih tawar dan bumbu luarnya rasanya lebih kuat. Terlebih, jenis ikan bakar banyak menambahkan bumbu luar yag dilumuri sebelum dibakar diatas panggangan.

Ikan bakar akan lebih nikmat jika disantap dengan sambal tomat atau sambal kecap dengan potongan cabai didalamnya. Perasan jeruk nipis dalam sambal akan menambah selera. Lebih lengkap lagi jika ikan bakar dinikmati dengan lalapan seperti potongan ketimun, kol putih, dan daun kemangi.

Cumi Saus Tiram

Jenis ikan laut lain yang  bisa dicoba di kawasan kuliner pantai Depok yakni cumi saus tiram. Disajikan dengan potongan tipis setebal setengah sentimeter, cumi dimasak mirip tumis dengan bumbu bawang putih, merica bubuk, gula pasir, garam, saus tiram, dan daun bawang. Rasa asin saus tiramnya pas dipadu dengan kenyal cumi laut.

hmm cuminyaa...gurih nikmat
hmm cuminyaa…gurih nikmat

Pilihan bumbu saus tiram menjadi alternatif selain cumi asam manis atau cumi asam pedas. Pilihan cara masak lainnya yaitu bumbu balado, goreng tepung, goreng mentega, kuah kuning, rica-rica, dan sup.

Jejeran warung makan yang berada di tepi pantai Depok buka setia hari. Warung rata-rata sudah menyiapkan menu sejak pukul 08.00 WIB hingga sore bahkan ada yang sampai malam hari.

Harga menu ikan bakar dan cumi saus tiram akan dihitung dengan hitungan kilogram ikan yang diilih. Rata-rata harga ikan bawal Rp50.000 per kilgram dan cumi-cumi Rp45.000 per kilogram. Untuk jenis ikan lain diantaranya cakalang, cucut, tuna, kerang, udang, dan kakap.

Peyek & Ikan Krispi

Berbagai jenis ikan laut banyak dihasilkan nelayan pantai Depok. Selain dimasak menjadi menu lauk, banyak juga ditemui penjual aneka camilan ringan dan lauk yang diolah menjadi peyek atau digoreng bumbu.

peyek gurih enak buat camilan dan lauk dengan nasi putih hangat.
peyek gurih enak buat camilan dan lauk dengan nasi putih hangat.

Salah satu penjual peyek dan aneka gorengan ikan, Mujilah, menawarkan peyek udang rebon, peyek udang gangsing, peyek undur-undur, peyek sreni atau welut laut, wader laut, dan udang laut. ”Bumbu tepungnya bawang saja, kalau perlu garam atau ketumbar ya ditambahkan,” katanya.

Selain aneka peyek yang dijajakan penjual diarea pantai, jenis ikan goreng juga bisa diperoleh di area pasar ikan seperti wader goreng tepung,  udang goreng tepung, teri glagah, dan ikan krispy yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Untuk ikan segar yang tersedia antara lain surung, kuwik, lele laut,  bawal laut, kakap merah, kakap putih, dan cakalang.

Advertisements

One thought on “Kenikmatan Makanan Laut di Pantai Depok Bantul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s