Wisata Pantai Depok Bantul

Gallery

Salah satu pilihan singgah untuk berwisata pantai di wilayah selatan Yogyakarta yakni Pantai Depok. Pantai tersebut lokasinya tidak jauh dari pantai Parangtritis, sekitar 1,5 kilometer di sebelah barat pantai Parangtritis dan bisa dijangkau dengan sepeda motor hingga bus pariwisata.

Untuk mencapai lokasi bisa ditempuh lewat jalur pantai Parangtritis belok ke kanan menelusuri pantai atau dengan jalur lain yaitu sebelum memasuki pintu tiket ke Parangtritis belok ke kanan dan mengikuti jalan aspal menuju pantai Depok.

Memasuki kawasan Pantai Depok, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp3000 per orang, Rp500 tiket masuk untuk motor, dan Rp1000 tiket masuk untuk mobil.

Selama ini, kawasan wisata Pantai Depok selain menjadi objek wisata pantai juga dikenal sebagai kawasan kuliner yang menawarkan aneka jenis masakan pesisir.

Kuliner Pantai Depok-Bantul

Sajian kuliner laut itu didukung dengan adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di sekitar pantai yang menawarkan berbagai jenis ikan segar tangkapan nelayan.

asik yaaa, banyak hasil laut segar di sini.

asik yaaa, banyak hasil laut segar di sini.

Ninik, Koordinator Kelompok Usaha Bersama TPI Pantai Depok, mengatakan kegiatan nelayan menangkap ikan dilakukan hampir sepanjang tahun, kecuali pada hari-hari tertentu yang dianggap keramat, yakni pada Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

“Di luar musim paceklik ikan yang berlangsung antara bulan Juni – September, jumlah hasil tangkapan cukup lumayan. Dengan demikian harga ikan sering berubah sesuai dengan sedikit banyak tangkapan nelayan,” katanya dalam salah satu sesi wawancara, awal Agustus 2011.

Selain menikmati aneka kuliner di deretan warung seafood, pengunjung juga bisa menikmati pantai dengan menyewa motor ATV.

Exwan, salah satu joki motor ATV mengatakan, penyewaan motor ATV dikenai biaya Rp25.000 untuk 15 menit. “Penyewa bisa mengendarai sendiri atau bisa dibantu joki untuk berkeliling pantai, syaratnya harus jauh dari laut untuk keamanan,” katanya.

Mengenai keamanan, kawasan pantai Depok memiliki pos keamanan dengan menara pendek yang selalu dijaga dua hingga empat orang dari pukul 08.00-17.00 WIB. Sukirjo, penjaga keamanan pantai Depok mengatakan, tugasnya selama ini yakni memantau nelayan melaut, memantau, mengamati, dan memperhatikan keamanan pengunjung di sekitar pantai.

Pantai yang juga dikenal sebagai perkampungan nelayan ini banyak dikunjungi pada akhir pekan atau hari libur.

Mohon Perhatian

  1. Perhatikan mitos penduduk setempat yang menyarankan agar tidak memakai pakaian yang berwarna hijau karena dipercaya dapat menarik perhatian kekuatan Laut Selatan. Selain itu, warna hijau juga seringkali mirip dengan air laut sehingga untuk keamanan, indahkan peringatan tersebut.
  2. Ombak pantai Depok cukup tinggi dengan dasar laut yang berpalung kecil membuat ombak menggulung dan menyeret. Dengan demikian pantai cukup berbahaya untuk aktivitas mandi atau berenang sehingga tidak dianjurkan untuk terlalu jauh ke tengah laut.
Advertisements

One response »

  1. Pingback: Kenikmatan Makanan Laut di Pantai Depok Bantul | tulisanina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s