ini SOAL KULINERAN

Dunia Kepiting di Mr. Crabs

Sajian kepiting menjadi daya tarik tersendiri diantara jenis seafood lainnya. Bagi Anda yang menyukai makanan laut bercangkang namun memiliki daging dengan tekstur lembut itu, warung kepiting Mr. Crabs salah satu rekomendasinya.

Berlokasi di Jalan Damai No.3, area Jalan Kaliurang Kilometer 8, Mr. Crabs menawarkan berbagai rasa olahan kepiting Tarakan (Kalimantan) dan juga kepiting lokal Yogyakarta dan sekitarnya.

Agatha, Pemasar warung Mr. Crabs mengatakan, menu kepiting dalam beberapa olahan menjadi unggulannya. “Tetapi selain itu masih banyak olahan seafood yang ditawarkan diantaranya ikan bakar dan udang bakar madu yang juga banyak diminati,” katanya, Kamis (16/12/2011).

Mr. Crabs menawarkan olahan kepiting dengan pilihan beberapa saus yakni saus lada hitam, saus telur asin, saus garlic cabai, saus garlic pedas, dan saus pedas. Jenis kepiting yang diinginkan bisa dipesan dari kepiting jantan, kepiting telur (betina), dan kepiting lemburi atau kepiting yang bisa dimakan dengan cangkangnya.

crabKepiting Lada Hitam

Citarasa masakan Mr. Crabs dihadirkan salah satunya oleh Supriyanto, koki khusus olahan seafood. Kepiting lada hitam olahannya terasa kuat pada bumbu yang merasuk kedalam daging kepiting.

Untuk meresapkan bumbu pilihannya, Supriyanto mengaku menggoreng renyah kepiting dengan baluran tepung agar ketika saus disiramkan bumbunya akan terikat pada tepung tersebut.

Bumbu kepiting lada hitam buatannya yakni lada hitam, carsio, saus masroom, saus magi, dan gula pasir. Campuran saus dilengkapi dengan potongan bawang bombay, cabai merah teropong, garam dan sedikit tepung kanji.

Harga kepiting yakni untuk kepiting telur Rp20.000/ons, kepiting jantan Rp17.500/ons, dan kepiting lemburi Rp32.500/porsi, kepiting lokal Rp40.000/porsi. Rata-rata setiap prose berisi dua kepiting.

Ikan Bakar Madu

Gurami bakar madu menjadi pilihan Harian Jogja untuk mencicip salah satu menu ikan bakar madu khas Mr. Crabs. Tampil utuh ukuran besar, gurami nampak kekuningan meski pengolahannya dibakar.

Rasa manis madu terasa hingga ke bagian dagingnya. Untuk bakaran gurami, Supriyanto tidak banyak meracik bumbu. Ia hanya melumaskan madu, saus sambal dan saus tomat untuk memberi rasa pada ikan gurami.

Selain bakar madu, rasa lain bisa dipilih seperti bakar mentega, kecap, lada hitam, rica-rica. Sementara untuk sambal pendamping disediakan sambal khas yakni parafe (sari bawang merah khas Manado), acar mangga muda, sambal cobek, sambal terasi, sambal tomat, dan sambal kecap.

Harga ikan bakar yakni untuk ikan gurami, kakap dan kerapu Rp10.000/ons, baronang Rp12.000/ons, cumi Rp35.000/porsi, udang bago (galah) kecil Rp35.000/porsi, kerang Rp17.500/porsi, dan srimping Rp20.000/porsi.

crabs

Lo Han Cay

Mendampingi sajian kepiting dan ikan bakar, menu sayuran yang patut dicoba yakni Lo Han Cay. Rasa khas Chinesse food kental terasa pada menu ini. Lo Han Cay adalah sajian sayuran dengan kuah kental dengan rasa saus tiram dan kaldu ayam yang kuat.

Bagi yang menyukai sayuran, menu ini menjadi rekomendasi. Sajian Lo Han Cay seharga Rp 22.000/porsi terdiri dari tofu, sio pat cay (baby kalian), putren jagung, wortel, jamur kuping, jamur yoko, sawi putih, brokoli, dan bunga kol.

Sajian menu sayuran lainnya yakni aneka ca Rp20.000, cap cay Rp26.000, taoge ikan asin Rp12.500, kangkung ca seafood Rp15.000, terong pete balado Rp12.500 per porsinya.

Untuk pengunjung keluarga disediakan beberapa paket dengan harga lebih ekonomis dari Rp150.000-Rp250.000 untuk dua hingga enam orang.sambal

Memperluas jangkauan konsumen, Mr. Crabs melebarkan sayap dengan membuka warung baru di kawasan rumah pertokoan Candi, Jalan Kaliurang KM 12. Soft opening dilakukan besok (20/12) mulai pukul 10.00 -22.00 WIB dan setiap pengunjung akan mendapatkan potongan harga hingga 15 persen untuk semua hidangan.

*dimuat di Harian Jogja*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s